01/08/11

SEIKO Hi-Beat 2205-3000

Bisa dibilang kalo untuk urusan jam tangan saya lebih selektif dalam memilih merek dan model dibanding istri. Kebetulan saya sekarang memiliki empat model jam tangan yg secara reguler saya pakai bergantian tergantung waktu dan tempat.

Nah mungkin melihat saya punya lumayan banyak koleksi jam tangan utk ukuran cowo akhirnya istri ikut-ikutan pengen punya koleksi juga. Memang sebelumnya dia sdh punya beberapa jam tangan, namun jika dilihat dari merek mungkin hanya satu yang lumayan dan sisanya beberapa model jam cewe dgn model yg lucu2 tp ga tau merek apaan hehehe... ^.^

Sempat di akhir tahun 2010 saya belikan dia satu buah jam tangan KW1 merek Guess, melihat kualitasnya lumayan dan harganya murah akhirnya dia ngajak lagi hunting jam di daerah jl. ABC Bandung. Kali ini (sekitar bulan Mei 2011) jam yg kami cari adalah jam cewe bentuk segi empat dengan tali kulit. Kesepakatannya tdk harus baru, second pun tdk jd masalah asal model cocok.

Mendengar persyaratan dr ibu negara yg membolehkan dibelikan jam second tentunya saya jadi semangat, selain harganya bisa lebih murah kemungkinan mendapatkan jam yg antik dan unikpun menjadi lebih besar.


Pertama yg kita datangi adalah sebuah etalase di sebuah gang di daerah jl. ABC. Barang yg dipajang sebenarnya ga sembarangan. Jam-jam yg ditawarkan adalah merek-merek terkenal buatan Swiss dan Jepang dengan kualitas KW Super (tingkat kemiripannya bisa mencapai 99%), dan sebenernya jika kita tau barang dan bisa lebih teliti memilih, barang-barang tersebut pun banyak dipajang di mall-mall terkenal di Kota Bandung dan Jakarta dengan kisaran harga 450rb s.d 3,5 jt. Nah kalo di daerah jl. ABC harga yg ditawarkan berkisar antara 75rb s.d 2 jtan dan harga bisa turun jika kita pandai nawar.

Karena ga ada yg cocok, terutama dengan budget kami (hehe...) akhirnya kita muter-muter lagi ke tempat lain. Hingga pada akhirnya tiba di satu jongko pinggir jalan / trotoar yg letaknya jika berposisi dari arah jl. Otista Bandung adalah sebelah kanan jalan setelah Toko Jam Sami Jaya.


Dari etalase yg Pa Haji (panggilannya) miliki banyak berjejer merek-merek jam tangan terkenal tp sdh jadul, semacam Rolex, Titus, Omega, Rado, Mido (jam impian nih tp blm mampu kebeli.. hiks...), seiko, casio, citizen. Iseng-iseng kami lihat satu persatu itu jam hingga mata saya tertuju pada dua model jam wanita. Ada Mido commander (kalo ga salah) model rante warna silver dan satu lagi ada seiko automatic dengan body warna gold dan tali kulit.


Akhirnya setelah melihat istri tertarik pd model2 jam tsb, saya coba tanya harganya. Si Pa Haji memberika harga utk merek mido sekitar 300rb dan seiko 200rb. Setelah adu tawar yg cukup alot akhirnya kami memutuskan membeli jam merek seiko, karena si ibu negara ngerasa lebih cocok dengan model seiko tersebut (sesuai dgn niat awal pengen cari jam dgn tali kulit) dan terlebih lagi budget kami cocoknya dengan seiko tersebut hehehe...


Harga yg kita sepakati adalah 125rb (pa Haji bilang dia cm ngambil untuk 25rb aja, "mdh2 barokah pa" hehe...). Tp dia meyakinkan kami klo jam tangan tersebut memang benar-benar bagus, kelebihannya adalah kondisi fisiknya memang lumayan masih bagus utk sebuah jam yg diperkirakan dibuat sekitar th 70an (CMIIW), seluruh body merupakan sepuhan emas (wow...), kacanya ga ada goresan, tanggalnya masih jalan, cuma tali kulitnya saja yg sdh agak lepek.


Saya pribadi sih seneng banget bisa beli jam tsb meskipun model cewe dan ga bs saya pake,tp keantikannya bikin saya tertarik, karena penasaran dengan sejarahnya iseng-iseng saya cb browsing. Cuma karena memang mungkin jam tua dan produksinya gak banyak, jd informasinya pun sangat sulit saya dapatkan di internet.


Yang bisa saya ketahui kalo jam tersebut Tipenya adalah Ladies Seiko HI-BEAT 2205-3000, Japan Watch Automatic Movement, ini detilnya :

Movement No#: # 2205-3000
Jewels: 17 Jewels (Jewels ini memiliki fungsi yang penting dalam kelancaran pergerakan movement jam tersebut, tujuannya mengurangi friksi saat antar parts dalam movement yang saling bergesekan secara terus menerus. Biasanya menggunakan Batu Rubi)
Condition: Movement in working condition, nothing broken.
Di dalam bak sedikit kotor debu tp masih dlm kondisi wajar.
JAPAN MADE
Dimensions: Movement Diameter Size: Approx: 18mm - With Date - It includes the Watch Case.




Cuma karena ini adalah jam jadul dan masih otomatis (belum menggunakan batre) jadi mesti sering dipake atau kalo kebetulan lebih satu hari ga dipake mesti rajin diputar crownnya dan digoyang bodinya...

but we love this watch... ^.^




sumber tambahan :
*http://cgi.ebay.com/ws/eBayISAPI.dll?ViewItem&item=250862306087+&clk_rvr_id=252048916431&item=250862306087
*http://muhdhazrie.wordpress.com/2009/09/30/pengertian-jewels-dalam-jam-tangan/

0 komentar:

Posting Komentar